Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks – Kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan sejenis penyakit yang disebabkan lantaran infeksi virus Human Papiloma Virus (HPV) pada leher rahim. Para penderita kanker serviks ini pada awalnya tidak menyadari jika mereka telah terjangkit, alasannya ialah tidak ada perubahan fisik yang signifikan. Tetapi walaupun tidak ada perubahan secara fisik, biasanya orang yang terjangkit kanker serviks sering mengalami nyeri dibagian pinggul, keputihan yang tidak normal, mencicipi sakit ketika bekerjasama dan m3nstruasi berlebihan hingga muncul nyeri pada tulang. Jika kanker serviks sudah memasuki stadium lanjut, maka penderitanya akan mengalami gampang lelah, berat tubuh menurun drastis dan terjadi pembengkakan pada kaki.
Kanker serviks merupakan pembunuh nomor satu bagi wanita, untuk itu harus sanggup dicegah sedini mungkin supaya tidak menjadi semakin membahayakan. Berikut ini beberapa cara yang sanggup Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kanker serviks :
Melakukan investigasi Pap Smear
Pap Smear merupakan metode screening yang berfungsi untuk mendeteksi adanya sel-sel yang sanggup memicu kanker pada leher rahim. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), perempuan disarankan untuk melaksanakan investigasi Pap Smear pertama kali ketika berusia 21 tahun, terlepas apakah sudah pernah bekerjasama 5ex atau belum. Bila ketika ini usia Anda sudah diatas 21 tahun, Anda juga belum terlambat untuk sesegera mungkin melaksanakan investigasi Pap Smear. Jika Anda ialah perempuan yang sering melaksanakan relasi 5ex, maka sebaiknya Anda secara rutin melaksanakan investigasi Pap Smear, setidaknya selama 3 tahun.
Melakukan vaksinasi HPV
Hampir 80% penderita kanker serviks disebabkan oleh virus HPV, untuk itu melaksanakan vaksinasi sangat dibutuhkan untuk mencegah terjadinya infeksi virus HPV. Pemberian vaksin HPV sangat dianjurkan bagi setiap perempuan yang sudah menginjak usia lebih dari 12 tahun. Idealnya vaksin ini diberikan pada mereka yang belum aktif secara 5exual, tapi bagi mereka yang telah aktif secara 5exual dan belum pernah mendapat vaksin ini, sebaiknya segera melaksanakan vaksinasi.
Menerapkan contoh hidup sehat
Melakukan pap smear dan vaksinasi HPV menjadi tidak mempunyai kegunaan bila kehidupan yang Anda jalani tidak sehat. Untuk itu menerapkan contoh hidup sehat menjadi penting menyerupai menjaga kebersihan tubuh khususnya pada kepingan kewanitaan Anda. Menjaga kebersihan kewanitaan Anda menjadi sangat penting, terutama ketika m3nstruasi dan keputihan.  Jangan merokok, alasannya ialah racun pada rokok akan memicu munculnya sel kanker dan menjadi semakin ganas. Selalu mengkonsumsi makanan bergizi, olah raga secara teratur, dan jangan berganti-ganti pasangan dalam bekerjasama 5ex. Dengan contoh hidup sehat, resiko terjangkit kanker serviks menjadi lebih kecil.
Baca juga artikel : Cara Alami Mengatasi Keputihan
Itulah Cara Mencegah Kanker Serviks yang sanggup Anda lakukan. Sebaiknya segera periksakan diri Anda ke Dokter untuk pendeteksian lebih dini dan melaksanakan pencegahan. Jangan menganggap remeh hal ini dan jangan menundanya hingga besok. Semoga bermanfaat.