Cara Mengatasi Jamur Kuku

Cara Mengatasi Jamur Kuku – Jamur kuku atau dalam bahasa medisnya dikenal dengan nama Onikomikosis ialah benjol pada kuku yang mengakibatkan munculnya titik berwarna putih atau kuning di pecahan bawah ujung kuku jari tangan atau jari kaki. Jika benjol tersebut semakin menyebar, maka akan menciptakan kuku berubah warna, menebal dan retak dibagian ujungnya. Gejala jamur kuku dapat ditandai dengan warna kuku menjadi kusam, berwarna kehitaman, kuku menebal, berubah bentuk, kuku ringkih atau kuku menjadi retak.
Jamur kuku tentunya sanggup merusak penampilan jari-jari Anda, untuk itu harus segera di obati supaya tidak semakin parah. Jamur kuku tidak bisa dianggap sepele alasannya ialah sanggup mengakibatkan kerusakan permanen pada kuku dan mengakibatkan rasa sakit. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jamur kuku pada jari tangan dan jari kaki Anda :
Menggunakan Cuka
Sifat asam pada cuka dipercaya sanggup mengatasi dan membunuh jamur dengan cepat. Caranya siapkan cuka dan air hangat secukupnya, kemudian campurkan kedua materi tersebut. Rendam jari kaki atau jari tangan yang terkena jamur kuku selama 30 menit, sesudah itu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sampai jamur kuku menghilang.
Menggunakan Bawang Putih
Bawang putih dikenal mempunyai sifat anti jamur dan anti mikroba sehingga sanggup dipakai untuk mengatasi dan mengobati jamur kuku. Caranya siapkan bawang putih secukupnya, kemudian tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit cuka pada bawang putih yang telah halus, selanjutnya oleskan pada kuku yang terkena jamur secara merata dan diamkan selama 30 menit.
Menggunakan Baking Soda
Baking soda mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya ialah mengobati jamur kuku. Caranya ialah siapkan baking soda secukupnya, kemudian campurkan dengan air dan aduk sampai membentuk pasta. Oleskan pasta baking soda pada kuku yang terkena jamur secara merata dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air sampai bersih.
Obat Kumur atau Listerine
Listerine atau obat kumur mempunyai bahan-bahan alami menyerupai mentol, timor dan eukaliptus yang mempunyai sifat anti basil dan anti jamur, sehingga sanggup dipakai untuk mengatasi jamur kuku. Caranya siapkan obat kumur atau listering dan air secukupnya. Campurkan kedua materi tersebut kemudian gunakan untuk merendam jari tangan atau jari kaki yang terkena jamur kuku selama 30 menit sambil digosok secara lembut. Lakukan setiap hari sampai jamur kuku hilang.
Terapi Laser
Terapi laser merupakan salah satu terapi modern yang bisa mengatasi jamur kuku. Terapi ini cukup efektif dan cepat mengatasi jamur kuku, namun pengobatan ini cukup mahal dan belum banyak tersedia. Anda harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit untuk melakukannya.
Operasi Pencabutan Kuku
Operasi ini biasanya dilakukan kalau benjol jamur kuku sudah terlalu parah dan mengakibatkan rasa sakit. Dengan dicabutnya kuku yang terinfeksi jamur kuku maka kuku yang gres akan tumbuh kembali dengan normal, namun proses penyembuhannya membutuhkan waktu yang lama.
Itulah Cara Mengatasi Jamur Kuku yang bisa Anda lakukan. Agar jamur kuku tidak gampang menyerang, pastikan tangan dan kaki tetap kering supaya tidak gampang terinfeksi jamur dan jangan memotong kuku terlalu pendek supaya tidak terjadi cedera pada kuku. Semoga bermanfaat.