Cara Mengatasi Luka Bakar

Cara Mengatasi Luka Bakar – Yang namanya luka tentu akan menyakitkan dan menciptakan penderitanya merasa tidak nyaman, baik itu luka ringan apalagi luka berat. Luka kalau tidak segera ditangani dengan baik maka sanggup mengakibatkan duduk kasus yang serius, luka kecil sanggup menjadi besar dan luka yang besar sanggup bertambah parah. Begitu juga dengan luka bakar yang sanggup mengakibatkan kerusakan pada kulit ibarat luka bakar tersiram air panas, luka bakar terkena setrika panas atau luka bakar terkena knalpot panas. Oleh alasannya yaitu itu, luka bakar harus segera ditangani dengan baik untuk mencegah kerusakan kulit yang lebih parah.
Tingkat kerusakan pada luka bakar berfariasi, mulai tingkatan yang paling ringan yaitu kerusakan yang hanya terjadi pada kulit kepingan luar, sampai tingkatan yang paling parah yaitu kerusakan yang tidak hanya mengenai kulit saja, tapi juga mengenai daging dan tulang. Berikut ini cara mengatasi luka bakar ringan dan sedang sebelum membawanya ke dokter :
– Menyiram luka bakar atau mengalirkan air cuek (bukan air es) ke area kulit yang mengalami luka bakar selama 20-30 menit sebelum kulit melepuh. Air akan mencegah panas masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam lagi sehingga kerusakan kulit yang lebih luas sanggup dicegah. Jangan memakai air es lantaran sanggup menciptakan kerusakan disekitar luka bakar semakin parah. Jika luka bakar yang terjadi cukup besar, jangan lakukan hal ini (menyiram dengan air).
– Membersihkan luka bakar sesudah simpulan menyiramkan air (mendinginkan luka bakar), sanggup dengan memakai sabun antiseptik untuk mencegah timbulnya infeksi. Jangan memecahkan gelembung air (kulit melepuh) yang terjadi pada luka bakar supaya tidak terjadi infeksi.
– Menggunakan antibiotik atau salep khusus kalau gelembung air pada luka bakar pecah dan terbuka, gunakan sesudah membersihkan luka bakar. Hal ini dilakukan untuk mencegah rasa nyeri yang timbul akhir luka bakar dan mencegah terjadinya nanah pada luka bakar.
– Minum obat pereda rasa nyeri ibarat ibuprofen atau parasetamol sanggup dilakukan kalau timbul rasa nyeri akhir luka bakar. Jangan biarkan luka bakar Anda terbuka atau terkena ukiran kain atau benda-benda lainnya, balut luka dengan perban steril.
Hal-hal yang dilarang Anda lakukan pada luka bakar yaitu mengoleskan odol (pasta gigi), mengoleskan mentega dan mengompres luka bakar dengan kerikil es. Jika ketiga hal tersebut dilakukan, maka akan menciptakan kerusakan pada jaringan kulit semakin parah.
Demikian Cara Mengatasi Luka Bakar yang sanggup Anda lakukan. Segera bawa ke dokter atau ke rumah sakit kalau luka bakar yang terjadi terlalu luas (terlalu parah). Semoga bermanfaat.