Ciri–Ciri Berita Fakta dan Hoaks

Ciri–Ciri Berita Fakta dan Hoaks

Mungkin anda sering membaca atau mendengar suatu berita baik itu melalui media cetak, media elektronik maupun media sosial. Lalu apa sebenarnya definisi berita itu? Perlu diketahui, yang dimaksud dengan berita adalah suatu laporan cepat mengenai sebuah peristiwa terbaru dan penting untuk disampaikan kepada masyarakat.  Atau arti lain dari berita ini adalah suatu informasi mengenai fakta atau sesuatu yang sedang terjadi. Biasanya disampaikan melalui media cetak, tv, radio, aplikasi berita terbaik maupun dari mulut ke mulut.

Selain itu, berita juga bisa dibilang sebagai laporan tentang suatu kejadian yang sedang terjadi atau keterangan terbaru dari suatu peristiwa. Memang berita merupakan fakta yang dianggap penting haris segera disampaikan kepada masyarakat luas. Namun tidak semua fakta bisa dijadikan berita oleh media, karena fakta-fakta yang ada akan disaring sehingga fakta mana saja yang layak untuk disampaikan kepada masyarakat.

Bisanya berita juga tidak hanya memberikan informasi mengenai peristiwa-peristiwa terbaru, akan tetapi kadang-kadang berita juga digunakan untuk memberikan pengaruh kepada masyarakat yang mendengar atau membacanya. Khususnya berita tentang politik yang seringkali masyarakat dipengaruhi pembawa atau penulis berita agar mengikuti arus politik tersebut.

Ciri – Ciri Berita Baik

Lalu bagaimana ciri-ciri berita yang baik itu. Untuk lebih jelasnya berikut ulasannya :

Menarik Perhatian

Berita itu harus bisa menarik perhatian, hal ini bertujuan supaya bisa menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat ingin segera mengetahui isi berita tersebut.

Terkini/Aktual

Dalam hal ini, berita harus berisi informasi atau peristiwa terbaru atau yang masih hangat diperbincangkan.

Jelas dan Menggunakan Kalimat Yang Sederhana

Perlu diketahui, isi berita yang baik itu harus jelas jangan berbelit-belit serta kalimat yang digunakan pun harus sederhana supaya mudah dipahami oleh orang yang membacanya.

Berita Harus Akurat/Terpercaya

Berita yang baik adalah berita yang akurat dan bisa dipercaya, itulah mengapa berita harus sesuai fakta jadi jangan mengada-mengada (hoaks). Berikut ini cara membedakan berita akurat sesuai fakta dan hoaks. :

Nama dan Situs Media Tidak Jelas

Sebelum anda mengonsumsi berita khususnya dari situs media, maka perhatian nama serta situs media yang menyebarkan berita tersebut. Kalau nama dan situs media tidak jelas, misalnya berdomain blog biasa atau nama media terkesan provokatif. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengonsumsi berita dari media-media yang sudah terpercaya dan kredibel.

Judul Pada Umumnya Provokatif

Hal yang pertamakali anda lihat saat membaca berita adalah judulnya. Kalau judulnya terkesan provokatif itu bisa jadi salah satu ciri berita hoaks. Misalnya, judulnya berbau SARA, menggunakan kata-kata kasar dan sebagainya.

Cek & Ricek Dari Berbagai Sumber

Dalam hal ini, anda jangan mudah percaya dari satu sumber berita. Maka dari itu, pastikan dulu kejelasan isi berita tersebut dari beberapa sumber lain. Hal ini sangat penting untuk bisa membedakan mana ciri berita akurat atau hoaks.

Cek Foto dan Video

Bukan hanya dari tulisannya saja yang harus anda cek hoaks atau tidaknya. Tapi foto dan video pun harus anda cek juga keasliannya. Jangan-jangan foto serta video tersebut sebenarnya tidak terkait dengan kejadian yang sesuai dengan berita, namun diambil dari peristiwa lama atau beda konteks.

Nama Penulis

Ciri berita akurat lainnya adalah dicantumkannya nama si penulis. Hal itu karena si penulislah yang akan bertanggung jawab penuh tentang isi beritanya. Jadi, kalau ada berita yang tidak dicantumkan penulisnya, maka berita tersebut sangat diragukan kebenarannya, soalnya tidak ada pihak yang menjadi penanggung jawab dari berita tersebut.

Sekarang ini banyak berita-berita hoaks yang menyesatkan terutama di media sosial. Oleh karena itu, anda sebelum mengonsumsi berita harus benar-benar mengeceknya terlebih dahulu.