Jalan Tol Di Malaysia Gratis, Kira-Kira Indonesia Akan Nyusul Juga Nggak Ya?

Mendengar kabar jalan tol akan gratis niscaya merupakan bunyi nirwana bagi pengendara. Tapi ini belum terjadi di negara kita bung, tapi di negara tetangga. Pemerintah Malaysia menyampaikan sedang berunding dengan perusahaan infrastruktur Gamuda untuk mengambil alih empat jalan tol di Lembah Klang, dan akan mengurangi biaya tol hingga menghapus tarif jalan tol!

Usut punya usut bung langkah ini dianggap sebagai langkah politik pemerintahan untuk menenangkan para pemilih yang tidak puas sama kinerjanya. Cap gagal pun, diberikan kepada pemerintahan yang usianya gres sembilan bulan.

“Pakatan Harapan telah berjanji dalam manifesto pemilihannya untuk mengambil langkah-langkah untuk memperoleh konsesi jalan tol dan menghapuskan tarif tol secara bertahap,” kata Kantor Perdana Menteri, dikutip dari Straits Times.

Jalan tol yang diambil alih menyerupai Lebuhraya Damansara Puchong, Sistem Penyuraian Trafik KL Barat, Lebuhraya Shah Alam dan terowongan SMART di sentra kota Kuala Lumpur. Akan tetapi bebas biaya jalan tol itu diberlakukan pukul 11 malam hingga 5 pagi. Sedangkan pada jam sibuk, para pengendara tetap bayar namun ada kepingan hingga 30 persen dari tarif tol.

Sedangkan pendapatan yang dikumpulkan dari kepingan 30 persen tarif tol akan dipakai untuk operasi dan pemeliharaan jalan raya dan pembayaran pinjaman. Selain itu, surplus yang dikumpulkan bakal disalurkan untuk meningkatkan transportasi umum di Malaysia.

Kira-kira Indonesia ada kemungkinan untuk di gratiskan juga nggak ya jalan tol-nya?