Kpu Memastikan Kedua Capres Tak Menggunakan Alat Komunikasi Pertolongan Ketika Debat Semalam

Tuduhan terhadap Capres nomor urut 01 Joko Widodo yang beredar di sosial media menyatakan jika ia menggunakan alat bantu komunikasi ketika debat. Hal ini dinilai dari gestur dan gerak gerik Jokowi ketika menjawab pertanyaan. Terkait hal tersebut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan memastikan jika tak ada calon presiden yang menggunakan alat bantu komunikasi selama debat kedua pilpres berlangsung. Baik capres nomor urut 01 Joko Widodo atau capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dipastikan tidak menggunakan alat bantu apa pun.

Dikonfirmasi secara terpisah, komisioner KPU, Viryan Azis menyampaikan bahwa akseptor debat diperbolehkan membawa alat tulis selama debat berlangsung. Hal tersebut sudah dikomunikasikan kata Viryan, sehingga tak ada duduk kasus soal itu. Pertanyaan ini terangkat di sosial media alasannya yaitu banyak yang berujar jika Jokowi menggunakan earphone serta pulpen yang dipakai alat pengontrol komunasi lewat bluetooth.  Ia pun membantah akan tudingan tersebut.

ini pulpennya (sembari menunjukkan). Ya cek saja. Makara enggak usah buat isu-isu yang fitnah begitu” ujar Jokowi sembari menyampaikan pulpen yang dituduh sebagai alat bantu komunikasi.