Sudah Dilengkapi Penyaring, Apakah Sistem Hidrolik Masih Membutuhkan Filter Cart?

Sudah Dilengkapi Penyaring, Apakah Sistem Hidrolik Masih Membutuhkan Filter Cart?

Setiap mesin yang bekerja pasti melibatkan cairan yang bersirkulasi, salah satunya yaitu sistem hidrolik. Agar semua komponen dalam sistem tersebut dapat selalu bekerja optimal, memastikan cairan yang bersirkulasi bebas dari kontaminan merupakan hal wajib.

Itulah sebabnya, sebagian besar sistem hidrolik akan menggunakan portable filter cart Indonesia. Sesuai namanya, alat ini memiliki fungsi untuk menyaring cairan yang bersirkulasi tersebut agar bebas dari kontaminan.

Namun, bukankah dalam sebuat sistem hidrolik sendiri sebenarnya sudah memiliki penyaring, lalu apakah filter cart masih dibutuhkan?

Memang, sistem hidrolik sudah dilengkapi penyaring yang umumnya berada pada pressure side (bagian pompa atau sebelum komponen sistem) dan return side (sebelum cairan memasuki tangki). Adanya dua sistem penyaringan dalam sistem ini bertujuan untuk membagi beban kerja dan agar kebersihan cairan yang bersirkulasi ini lebih terjaga.

 

Pada kenyataannya, meskipun sudah menggunakan dua sistem penyaringan tetap saja tidak menjamin cairan yang masuk ke reservoir atau tangki tetap bersih. Hal ini terjadi karena adanya tumpukan material atau partikel yang mengontaminasi cairan dari waktu ke waktu yang mengganggu sistem kerja penyaringan. Material ini bahkan bisa ikut masuk ke dalam tangki dan mengontaminasi area ini.

Saat inilah dibutuhkan penyaring tambahan yang bersifat portable. Sebab alat ini sudah didesain khusus agar dapat bekerja secara optimal untuk menyaring cairan dalam sistem hidrolik. Sistem kerjanya yaitu dengan menarik cairan pada sistem ini dan kemudian menyaringnya hingga bersih. Setelah itu, cairan akan dikembalikan ke dalam sistem untuk bersirkulasi menjalankan fungsinya dalam sistem hidrolik.

Keuntungan lain menggunakan filter cart yaitu, alat ini mampu menyaring cairan dengan tingkat kekentalan yang tinggi. Alat ini juga bisa menjamin bahwa cairan yang telah disaring pasti memiliki tingkat kebersihan dari kontaminan sesuai dengan target yang dibutuhkan oleh sistem hidrolik.

Namun, untuk mencapai hasil yang maksimal tentunya Anda harus memilih filter cart yang berkualitas dan juga sesuai dengan sistem hidrolik yang Anda gunakan.