Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Dapat Beraktivitas Nyaman

Tips Menjaga Kesehatan Sendi Agar Dapat Beraktivitas Nyaman

Tidak bisa dipungkiri apabila hampir semua gerakan tubuh memang melibatkan sendi maupun tulang. Apabila sendi anda bermasalah, maka bukan tidak mungkin akan membuat anda merasa tidak nyaman ketika bergerak bukan? Inilah pentingnya untuk selalu menjaga kesehatan sendi tersebut agar anda dapat menjalani kegiatan sehari-hari anda tersebut dengan nyaman.

Sendi sendiri merupakan penghubung antara 2 tulang dimana memiliki peran yang cukup penting untuk pergerakan tubuh. Ada banyak sendi yang terdapat pada tubuh manusia seperti sendi lengan, sendi bahu, pergelangan tangan, jari, lutut, tungkai kaki, pangkal paham hingga jari kaki.

Tips Menjaga Kesehatan Sendi Dengan Mudah

Sendi yang bermasalah seperti terasa kaku dan nyeri sebenarnya tidak boleh anda sepelekan begitu saja. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kondisi ini dapat menjadi gejala penyakit tertentu seperti asam urat, Rheumatoid Arthritis hingga osteoarthritis. Inilah pentingnya untuk menjaga kesehatan sendi tersebut agar anda bisa terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga kesehatan sendi tersebut. Anda juga bisa melakukannya di rumah dengan mudah dan cepat. Proses menjaga kesehatan sendi ini sendiri ternyata diwajibkan oleh semua orang agar dapat bergerak lebih mudah hingga tua nanti. Berikut ini beberapa cara mudah menjaga sendi agar tetap sehat.

  1. Lakukan olahraga secara rutin

Cara pertama yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan sendi anda adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Tanpa olahraga yang rutin maka dijamin otot maupun persendian anda akan lemah. Bahkan jarang berolahraga juga dapat meningkatkan adanya risiko terkena radang sendi.

Oleh sebab itulah cara terbaik untuk menjaga sendi adalah dengan berolahraga selama 30 menit setiap hari. Atau minimal 3-5 kali seminggu. Tidak hanya menjaga sendi saja, rutin olahraga ternyata juga dapat menjaga kesehatan jantung dan melancarkan peredaran darah. Jangan lupa melakukan pemanasan dan pendinginan ketika berolahraga.

  1. Menjaga berat badan

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan persendian adalah dengan menjaga berat badan ideal. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena berat badan yang berlebih ternyata dapat meningkatkan obesitas. Dimana obesitas akan menyebabkan gangguan pada persendian terutama sendi lutu dan kaki yang digunakan untuk menopang tubuh.

Dengan menjaga berat badan tetap ideal itulah maka beban pada sendi akan berkurang sehingga anda akan lebih fleksibel ketika bergerak.

  1. Cobalah memperbaiki postur tubuh anda

Postur tubuh yang kurang baik seperti sering membungkuk ternyata juga akan mempengaruhi kesehatan persendian anda loh. Selain itu, kebiasaan sering mengangkat benda berat ataupun melakukan gerakan secara berulang ternyata juga akan merusak sendi. Untuk itulah, guna menjaga kesehatan sendi, ada baiknya selalu memperbaiki postur tubuh anda.

  1. Hindari kebiasaan merokok

Selama ini pasti kita sudah tahu apabila rokok memiliki dampak negative lebih banyak dibandingkan dengan dampak positif bukan. Kebiasaan merokok sendiri ternyata juga akan meningkatkan kerusakan pada sendi. Itulah sebabnya, sebaiknya anda menghindari kebiasaan merokok tersebut.

  1. Jangan lupa penuhi asupan vitamin D dan kalsium

Adapun cara lainnya yang bisa anda gunakan untuk menjaga kesehatan persendian adalah dengan asupan vitamin D dan kalsium. 2 jenis nutrisi yang satu ini ternyata memiliki peran yang cukup penting untuk kesehatan sendi maupun tulang.

Demikian beberapa cara mudah untuk menjaga kesehatan persendian anda. Selain itu, cara menjaga kesehatan sendi lainnya adalah dengan PYFA Health. Dimana Pyfahealth.com menyediakan berbagai macam suplemen untuk kesehatan sendi yang membantu anda untuk menjaga kesehatan anda dengan mudah dan praktis.