Walhi Menuduh Prabowo Mendapat Tanah Ribuan Hektar Di Kurun Orde Baru

Calon Persiden nomor urut 02 Prabowo Subianto meyakini mempunyai lahan seluas ribuan hektare. Menurut LSM Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) seharusnya dia tak mempunyai Hak Guna Usaha (HGU) seluas ribuan hektare di masa kini. Kemungkinan ia mendapat lewat koneksi politik dikala Orde Baru.

Kepala Departemen Kajian Pembelaan dan Hukum Lingkungan Zenzi Suhadi menyampaikan jikalau kepemilikan tanah yang luasnya lebih dari 100 ribu hektare dalam satu koneksi itu mustahil memakai HGU.

“Nah, seharusnya dilarang ada orang yang mempunyai lahan itu dalam jumlah besar ibarat yang dimiliki Pak Prabowo. Hanya saja sayangnya konsesi-konsesi dalam jumlah besar ibarat itu bisanya jikalau enggak HPH (Hak Pengusahaan Hutan), HTI (Hutan Tanaman Industri) dan perkebunan itu, tapi tidak ada yang dalam satu konsesi mencapai 100 ribu (hektare),” katanya dilansir dari CNNIndonesia.com

Kemungkinan besar tanah seluas tersebut didapat Prabowo alasannya yaitu merupakan eks menantu Presiden Kedua RI Soeharto semenjak abad Orde Baru berdasarkan Zenzi. Lantaran penerbitan izin untuk lahan ratusan ribu hektare dikala itu diperuntukkan untuk HPH ( (Hak Pengusahaan Hutan) dan HTI (Hutan Tanaman Industri). Bahkan tidak hanya jenderal saja menurutnya, tetapi orang yang mempunyai relas politik juga mendapat izin tersebut.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 98 tahun 2013 wacana Pedoman Perizinan Perusahaan Perkebunan mengatur soal batas paling luas sumbangan Izin Usaha Perkebunan (IUP) untuk satu perusahaan atau kelompok (grup) perusahaan perkebunan. Seperti perkebunan sawit mencapai 100.000 hektare, teh 20 ribu hektare dan tebu 150.000 hektare.

IUP pun diwajibkan bagi perusahaan yang membudidayakan sawti lebih dari 1.000 hektare, teh lebih dari 240 hektare dan tebu lebih dari 2.000 hektare. Direktur Eksekutif Walhi Nur Hidayati dan Manajer Kampanye Walhi Fatilda Hasibuan juga menyampaikan jikalau HGU biasanya diberikan kepada korporasi. Tidak mugkin individu mempunyai HGU dengan luas tanah mencapai ratusan ribu hektare.

Yang mesti dilihat itu perusahaan Prabowo apakah mempunyai lahan ratusan ribu hekatare? alasannya yaitu untuk perorangan enggak sanggup ya punya ratusan ribu hektare,” ungkap Nur dilansir dari laman yang sama.